Jumat, 11 Juni 2010

E-COMMERCE

1.DEFINISI E-COMMERCE
Apa sebenarnya arti E-commerce (electronnic commerce atau EC) ? E-commerce merupakan suatu istilah yang mulai banyak digunakan belakangan ini, suatu contoh kata yang sering didengungkan, kata yang berhubungan dengan internet dimana tidak seorangpun mengetahui dengan pasti definisi tersebut. Berikut ini akan dipaparkan mengenai pengertian e-commerce yang terdapat pada website atau menurut para ahli yang dituangkan dalam website tersebut.
Pada website whatis.com terdapat pengertian e-commerce yaitu berhubungan
dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya
World wide web.

2.SEJARAH E-COMMERCE
•1969: Internet dilahirkan dari riset pemerintah AS, pada awalnya hanya untuk kalangan teknis di lembaga pemerintah, ilmuwan, dan penelitian akademis
•1990-an: terjadi komersialisasi Internet dan pertumbuhan perusahaan dot-coms, atau Internet start-ups menjamur
•Berbagai inovasi dibidang aplikasi dari penjualan online sampai e-learning bermunculan
• Umumnya perusahaan besar dan sedang di AS telah memiliki situs Web
• Umumnya perusahaan besar di AS telah memiliki portal lengkap
• 1999: fokus EC bergerak dari B2C ke B2B
• 2001: terjadi pergerakan fokus dari B2B ke B2E, c-commerce, e-government, e-learning, dan m-commerce
• EC akan terus berevolusi

 Sejarah perkembangan E-commerce
Sejarah Perkembangan E-Commerce1969: Internet dilahirkan dari riset pemerintah AS, pada awalnya hanya untuk kalangan teknis di lembaga pemerintah, ilmuwan, dan penelitian akademis.1990-an: terjadi komersialisasi Internet dan pertumbuhan perusahaan dot-coms, atau Internet start-ups menjamur .Berbagai inovasi dibidang aplikasi dari penjualan online sampai e-learning bermunculan. Umumnya perusahaan besar dan sedang di AS telah memiliki situs Web.Umumnya perusahaan besar di AS telah memiliki portal lengkap 1999: fokus EC bergerak dari B2C ke B2B,2001: terjadi pergerakan fokus dari B2B ke B2E, c-commerce, e-government, e-learning, dan m-commerce,EC akan terus berevolusi.
3. Klasifikasi bentuk E-commerce:
1. Busnies to Bussiness (B2B)
E-commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di elektronik market.
2.Business to costome(B2C)
Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
3. Costumer to Costumer (C2C)
Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa pribadi di internet.
4. Costumer to Bisniess (C2B)
Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi,perseorangan yang mencari penjual ,berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
5. Nonbusiness E-commerce
Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi,organisasi keagamaan, organisassi social dan lembaga pemarintahan yang menggunakan berbagai tipe E-commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layana publik .
Contoh Kasus Penggunaan E-Commerce
Subur ( Keramik )
Menggunakan computer dan internet untuk meningkatkan kualitas bisnis yang dimilikinya, computer ia gunakan untuk art work dan manajemen bisnis yang ada di perusahaan seperti pembukuan, design, persediaan, pemasaran, dan order pelanggan, internet yang digunakan untuk pemasaran produk, menerima order pelanggan, mencari informasi mengenai design-design terbaru.Dengan seperti itu, subur dapat mengefisiensikan kegiatan bisnis yang dijalankan dan meningkatkan profit yang didapat.
I Nyoman Katria ( Petani )
Penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan dan pengembangan usaha pertanian, khususnya tanaman jual yaitu paprika denagn penyatuan prinsip produk pertanian yang unggul dengan menggunakan media internet.
Penggunaan media internet opleh I Nyoman Katria dalam usaha pertaninannya adalah bergabung dengan organisasi sosial dalam bidang pertanian, dimana informasi-informasi dapat memacu kinerja petani dalam pengelolaan bibit unggul tanaman.
A.Persamaan antara Subur dan I Nyoman Katria
Dalam bisnis mereka, mereka sama-sama menggunakan teknologi informasi computer ( Media Internet ) yang dapat menambahkan informasi dalam perkembangan kualitas usaha mereka. Media internet memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis mereka dengan system yang terintegrasi sesuai dengan usaha yang digunakan.
B.Perbedaan
-Subur
Menggunakan teknologi informasi internet sebagai media bagaimana mencari desing-desingn keramik yang baik dan diminati, dan manajemen bisnisnya.
-I Nyoman Katria
Menggunakan internet untuk mencari komunitas untuk berbagi komunikasi, mencari informasi-informasi bagi perkembangan bisnisnya.
4. Pemanfaatan Blog untuk Berbisnis
A. Blog
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
B. Tekhnik Mengelolah Blog Untuk Berbisnis
Blog sangat mudah pengelolaannya dibandingkan website.Bahkan untuk di wordskeep com. jika belum berpengalaman dapat membacacara nge-blog. Ini mudah untuk diikuti. Dengan adanya software blog editor yang bisa dipakai secara offline maka waktu koneksi bias dipersempit dan hemat biaya jika harus membayar rekening telepon.Dibutuhkan koneksi internet tidak lebih dari 1 jam jika tulisan sudahdipersiapkan secara offline.Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusiDengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin.
Berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk dapat menggunakan sebuah blog yang murah meriah dan gratis.
Blog juga dapat di jadikan sebagai media promosi seorang penulis untuk memasarkan bukunya. Dengan blog seorang penulis buku dapat memberikan tulisan singkat atau resensi buku ang ditulisnya, sehingga para pembaca dapat tertarik untuk membeli buku tersebut .Blog dapat disimpulkan sebagai media informasi baik yang bersifat formal (sebuah institusi) atau informal (ajang tulis menulis kegiatan,sehari-hari seorang blogger) yang bersifat murah meriah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya misalnya keahlian HTML.Blog sangat mudah dibuat oleh seorang awan dalam dunia website. Blog dapat dihias sesuai dengan keinginan pembuatnya misalnya dipercantik dengan hitcounter, lokasi dan IP address pengakses dan merubah background sesuai keinginan.
C. Contoh Pemanfaatan Blog Untuk Berbisnis
Blog bisa menghasilkan duit.Ada beberapa cara:
-Blog sebagai media iklan produk mbak widya bisa saja menjadikan blog seperti sebuah toko virtual. disitu bisa menjual apa saja.
-Blog sebagai media iklan dalam bentuk link/kerja samadi blog kita bisa juga disisipkan iklan-iklan dari situs atau produk lain.tentunya mbak widya harus ada kerjasama dulu dengan mereka. salah satu yang terkenal dan mudah adalah dengan Google AdSense
-Blog sebagai sarana iklan diri bila mbak widya adalah seorang pengajar atau trainer atau pelatih atau instruktur, mbak bisa mengiklankan diri mbak disitu dengan cara menuliskan kegiatan-kegiatan yang mbak lakukan dengan profesi mbak atau projek-projek apa saja yang sudah mbak kerjakan.

0 komentar:

Poskan Komentar