Senin, 07 Juni 2010

Soal Ujian Mid Semester Genap

1. Apa yang dimaksud dengan
A. Multimedia
B. Artificial Inteligence
C. Andriod dan animationik
D. Jaringan komputer
2. Meultimedia telah banyak diaplikasikan sebagai alat bantu dalam berbagai bidang pekerjaan manusia. Jelaskan 3 contoh pengaplikasian multimedia!
3. A. Apa yang dimaksud dengan virtual reality.
B. Jelaskan 3 contoh pengaplikasian virtual reality
4. Uraikan fungsi Glove dan Walker dalam dunia virtual reality!
5. Uraikan 5 perbedaan mendasar antara kecerdasan buatan dengan kecerdasan manusia!

Jawaban,
1. a. Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
b. Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap computer.
c . Andriod dan animationik
d. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
2. a. Pendidikan=>Digunakan untuk memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional.
b. Penyajian informasi=>Dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar & suara, serta untuk penerbitan elektronis
c. Presentasi bisnis=>Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/ servis ataupun gagasan ke audien.
3. a. Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga pemakai seolah-olah terlibat secara fisik.
b.Kedokteran=>Pelatihan pembedahan (simulasi), perencanaan pembedahan, terapi fisik.
Militer=>Pelatihan (pilot, astronot, pengemudi), Simulasi peperangan.
Arsitektur=>Perancangan gedung dan struktur yang lain
4.Glove : Piranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.
Walker : Piranti yang berguna untuk memantau pergerakan kaki. Piranti ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti saat melangkah dalam dunia nyata.
5. > Kelebihan kecerdasan buatan :
1. Lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami bisa berubah karena sifat manusia pelupa. Kecerdasan buatan tidak berubah selama sistem komputer & program tidak mengubahnya.
2. Lebih murah. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah & murah dibandingkan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
3. Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah
4. Dapat didokumentasi.Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
5. Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik di banding manusia .
> Kelebihan kecerdasan manusia :
1. Kreatif : manusia memiliki kemampuan untuk menambah pengetahuan, sedangkan pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
2. Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman atau pembelajaran secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus mendapat masukan berupa input-input simbolik.
3. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
4. Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan
5. dapat melakukan hal yang sulit untuk diprogram pada komputer

0 komentar:

Posting Komentar